Siapa Bilang Nabung DP Rumah Itu Susah?

RumahCom – Selain pertanyaan kapan waktu yang tepat untuk membeli properti, generasi milenial juga mengeluh kesulitan untuk mengumpulkan uang muka KPR mengingat harga properti yang terus meningkat.

Menurut kalangan pengembang properti, masalah ini sebenarnya bisa disiasati oleh generasi milenial dengan memanfaatkan fasilitas dari pengembang. Seperti diungkapkan Adrianto P Adhi selaku Direktur Utama PT Summarecon Agung Tbk.

“Pengembang punya banyak alternatif cara bayar, yang mungkin bisa sesuai dengan kemampuan daya beli kaum milenial. Selain harga yang terjangkau dan cara bayar yang pas untuk milenial, proyek-proyek kami juga sesuai dengan tuntutan lifestyle para kaum milenial yang punya karakter simple, compact, dan tentunya modern,” katanya.

Sedangkan menurut CEO Strategic Development & Services Sinar Mas Land, Ishak Chandra, saat ini yang perlu dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan di sektor properti adalah memberikan edukasi kepada generasi milenial.

“Bahwa ketika mereka memiliki keluarga, mereka akan membutuhkan rumah. Jadi, mereka harus mulai menabung dari sekarang. Masalanya tinggal bagaimana generasi milenial mampu mengatur keuangannya, agar sesuai dengan produk properti yang dikehendaki,” ia menjelaskan.

Ia menambahkan, “Mengatur keuangan harus dilakukan sejak dini dengan mengurangi pola konsumsi yang tidak terlalu penting dan mengalihkannya untuk ditabung secara rutin.”

Di samping itu, generasi milenial juga dimudahkan dalam pembiayaan properti seiring pesatnya perkembangan teknologi.

Freenyan Liwang, Komisaris Gradana menjelaskan, Gradana sendiri lahir dari keprihatinan atas masalah ini. Gradana memiliki konsep untuk memudahkan dan meningkatkan daya jangkau bagi masyarakat, khususnya kaum milenial.

“Kami hadir dengan dua jenis produk pembiayaan, yaitu GraDP untuk pembiayaan Down Payment dan GraSewa bagi mereka yang belum siap atau lebih menginginkan untuk menyewa dahulu untuk pembiayaan talangan sewa,” papar Frenyan.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *